PANTAI NGUYAHAN

Pesona Pantai Nguyahan Saptosari Gunung Kidul

 

Pantai ini sejak jaman Belanda terkenal akan pembuatan garam tradisional, garam dalam bahasa jawa adalah uyah & orang jawa menamakan pantai ini nguyahan yg berarti sbg tempat pembuatan garam & dulu kala Belanda memungut upeti dari pembuat uyah yg ada di sini.

Pantai Nguyahan terletak di Desa Kanigoro, Kec Saptosari, Gunung Kidul. Pantai ini memiliki pemandangan alam yg sangat menarik. Pantai ini cukup luas & di bibir pantainya terdapat lantai karang yg cukup luas hingga menjorok cukup jauh ke selatan.

Pantai Nguyahan dikelilingi oleh bukit-bukit yang tentu membuat pemandangan Pantai semakin menarik. Lokasi pantai yang luas dan air lautnya yang dangkal tentu bisa kita gunakan untuk bermain air atau mandi di pantai.

IMG-20151125-WA0018

Di sepanjang bibir pantai tersebut juga terdapat lantai karang yg cukup luas, sehingga kita juga bisa melihat terumbu karang & aneka biota laut seperti ikan2 kecil, kerang, rumput laut dll. Saat air laut sedang surut, banyak juga yg datang untuk memancing.

Biasanya para pemancing harus berjalan ke selatan hingga habisnya lantai karang. Bagi mereka yg mempunyai hobi memancing, ini akan menjadi pengalaman menarik. Tapi harus berhati2 & wajibkan didamping warga sekitar yg sudah paham akan kondisi alam di sana.

Di pantai nguyahan juga bisa untuk ber camping bagi anda yang ingin menikmati suasana angin malam di pantai ini anda bisa untuk mencoba camping, dengan catatan harus menjaga lingkungan sekitar.

Salah satu spot yang paling menarik untuk menikmati adalah dari atas bukit yang terletak di sebelah timur. Dari sana, bisa melihat pemandangan Pantai lebih luas, dari bukit tersebut, kita juga bisa melihat pemandangan Pantai Ngobaran dari atas.

IMG-20151125-WA0002

Pantai Nguyahan juga sudah ada fasilitas seperti tempat berteduh, kamar mandi, warung & tempat parkir. Di bagian utara Pantai Nguyahan ini juga terdapat kios – kios sebagai pusat perbelanjaan atau toko oleh-oleh.

Gubug-gubug yang berdiri di kawasan Pantai Nguyahan cukup menarik digunakan untuk bersantai sambil menikmati panorama pantai. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan tidak selengkap yang berada di kawasan pantai yang terdapat resto atau pantai.

Di pantai nguyahan ini situasinya masih sepi walaupun pantai sebelahnya sudah sangat terkenal seperti Ngobaran karena pantai ini letaknya tersembunyi dengan di apit pegunungan yang menjulang tinggi sehingga seakan menyembunyikan keindahan pantai ini.

Sangat cocok buat wisata keluarga memang lokasinya tidak terlalu luas tidak seperti pantai sepanjang dan juga Pantai Wediombo namun di pantai ini anda dapat puas bermain di pasir juga menangkap ikan kecil-kecil yang ada disini.

Pantai Nguyahan bisa dinikmati dari bukit yang ada gazebonya di temani minuman kelapa muda bercanda gurau ke pantai lepas & alam sekitar ketika menoleh kebelakang berjajar gunung seribu mengitari pantai ini, dari sini juga bisa melihat jajaran rumah para nelayan.

Pantai ini landai berpasir putih yang memanjang hingga tebing sisi barat menjadi daya tarik utama. Dasar karang yang tampak saat Pantai Nguyahan sedang surut menambah daya tarik pantai ini.

IMG-20151125-WA0021

Pada sela-sela karang tersebut sering ditemukan ikan-ikan kecil yang terjebak dan jenisnya bervariasi. Selain itu rumput laut dan ganggang laut yang berada diantara karang-karang tumbuh dengan pesat dan memberikan warna kehijau-hijauan dari kejauhan.

Masyarakat setempat sering memanen rumput laut saat ombak sedang surut. Mereka berjalan ke tengah laut sambil membawa pisau dan karung untuk mengambil rumput laut. Aktivitas semacam ini sering terlihat saat hari-hari biasa dan jarang terlihat saat musim liburan.

Beberapa larangan diberlakukan untuk menjaga kelestarian alam Pantai Nguyahan Gunungkidul. Salah satunya adalah pengunjung atau wistawan dilarang untuk mengambil atau membawa pulang pasir pantai ini.

Lembutnya pasir Pantai Nguyahan membuat sebagian orang tertarik membawa pulang sebagai oleh-oleh. Pengelola kawasan pantai ini cukup tegas,p engunjung yang melanggar larangan akan diperingatkan dan dipersilakan mengembalikan pasir pantai ke tempat semula.

Pantai Nguyahan ini masih satu paket dan hanya berada di sebelah barat Pantai Ngobaran. Sehingga untuk menuju ke sana, kita bisa perlu mengikuti jalan ke Pantai Ngobaran saja, kemudian berjalan sebentar ke barat menuju Pantai Nguyahan.

IMG-20151125-WA0024

Pantai Nguyahan berjarak 70 km dari Kota Yogyakarta dan dapat di tempuh dengan 1,5 jam perjalanan. Pantai Nguyahan mempunyai titik titik koordinat GPS sebagai berikut  S8°7’7″  E 110°30’11”

 

Sarana transportasi yang bisa dipakai untuk berwisata ke Wisata Pantai Nguyahan dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Bisa meminta panduan arah ke Wisata Pantai Nguyahan di google maps yang terpasang di smartphone.

Jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota Gunung kidul. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek.

 

Rute menuju Pantai Nguyahan :

Rute pertama, Jogja >Piyungan >Patuk >Gading (lapangan udara) >Belok kanan >Playen >Paliyan >Pasar Trowono >Kanigoro >Pantai nguyahan

Rute kedua, Jogja >Bantul >Parangtritis >Panggang >Saptosari >Pasar Trowono >Kanigoro >Pantai nguyahan

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*